Sunday, November 6, 2011

Goldfield Ghost Town Arizona; Kota Hantu Pasca Penambangan.

Goldfield Ghost Town terletak 4.5 miles dari Apache Junction Arizona tepatnya diantara Superstition Mountain dan Goldfield Mountain. Kota ini dibangun pada tahun 1892 karena ditemukannya kandungan emas berkadar tinggi dan ekonomis untuk ditambang. Penambang dari berbagai pelosok Arizona berdatangan ke kota ini untuk mencari nafkah dan serentak kota ini berkembang pesat dengan dibangunnya berbagai fasilitas seperti bar/saloons, beer house, bengkel, toko, kantor pos, perumahan penambang, barak, dan sekolah. Pada kurun waktu tersebut terdapat lebih dari 1,500 orang mendiami kota ini dan memberikan manfaat yang cukup besar bagi penduduk lokal disekitar areal penambangan. Namun seperti kota-kota tambang lainnya di sekitar Arizona, booming Goldfield Mining Town hanya bertahan selama 5 tahun saja dan lambat laun ditinggalkan oleh penduduknya karena cadangan emas yang berkadar tinggi telah habis. Para penambang kemudian meninggalkan kota ini, fasilitas kota tak terurus, lingkungan rusak, dan lambat laun kota ini berubah menjadi kota hantu tanpa penghuni.

Sekelumit cerita diatas membawa saya untuk berpikir tentang nasib apa yang akan terjadi dengan kota tambang tempat saya bekerja selama ini, TEMBAGAPURA. Apakah yang akan terjadi jika kegiatan penambangan di lokasi ini telah habis dan ditinggalkan oleh para penambangnya? Apakah kota ini kemudian akan berubah menjadi kota hantu seperti Goldfield Ghost Town karena lingkungan yang telah rusak tercemar, peralatan tambang yang rusak dan dibiarkan berantakan karena tidak ekonomis lagi untuk dijual? ataukah fisik kota menjadi kota mati karena tidak ada supply logistik, listrik, bangunan yang rusak karena tidak terawat? 

Seperti sudah menjadi tradisi umum dalam dunia pertambangan bahwa kota tambang terbentuk karena adanya aktivitas penambangan terhadap suatu bahan galian tertentu dan akan mati jika cadangan yang ditambang telah habis atau sudah tidak ekonomis lagi. Saya berharap kota ini tidak demikian. Perusahan bersama pemerintah harus bisa mengembangkan sentra usaha lokal yang tetap terbina dan bisa mandiri selama perusahaan masih beroperasi. Kegiatan reklamasi juga harus tetap dilakukan pasca kegiatan penambangan agar lingkungan bisa dikembalikan ke bentuk aslinya. Hal ini penting agar jika kelak kegiatan penambangan di daerah ini telah berakhir, penduduk di kota ini masih bisa tetap hidup mandiri dengan mata pencaharian yang tidak lagi bergantung pada usaha pertambangan.

Song: I love you Arizona (http://www.youtube.com/watch?v=j7xedmvJTzk

Landmark of The Goldfield Ghost Town Arizona. Photographed by: hrumbino











No comments:

Post a Comment